ANIMASI GERAKAN EXAGGERATION PUKULAN TINJU BERBASIS PENDEKATAN KURVA BEZIER

Aidil Primasetya, Surya Sumpeno, Moch. Hariadi

Sari


Pukulan dapat digunakan sebagai objek gerak yang ditangkap dengan motion capture (mocap). Gerakan tersebut banyak di temukan pada olahraga tinju. Data mocap berisi informasi titik-titik koordinat yang mewakili rangka manusia. Titik-titik koordinat tersebut ketika disusun berdasarkan perubahan waktu akan membentuk lintasan gerakan. Exaggeration merupakan salah satu prinsip animasi 2D yang melebih-lebihkan gerakan atau ekspresi wajah. Prinsip ini tidak dapat secara langsung diaplikasikan ke dalam animasi 3D berbasis mocap. Karena membutuhkan pengambilan data yang berulang-ulang. Pada penelitian ini, data mocap dimodifikasi dengan menggunakan rotasi matriks. Modifikasi ini menghasilkan data mocap baru. Animasi gerakan pada data tersebut terlihat  exaggeration  dan  tidak  alami.  Untuk  mengembalikan  kealamian  gerakan  tersebut  maka  digunakan metode  interpolasi  yaitu  kurva  linear  bezier  dan  kurva  kuadratik  bezier.  Hasil  percobaan  menunjukkan perbedaan lintasan gerakan pada animasi gerakan exaggeration pukulan tinju menggunakan matriks rotasi yang diinterpolasi dengan kurva linear bezier dan kurva quadratik bezier.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Chenney, Stephen., Pingel, Mark., Iverson, Rob. &

Szymanski, Marcin. (2002): Simulating

Cartoon Style Animation, Proceedings of NonPhotorealistic Animation and Rendering

(NPAR), 2002, pp. 133-138.

Ji-yong, Kwon. & In-Kwon, Lee. (2007): Rubberlike exaggeration for Character Animation,

Proc. of Pacific Graphics 2007, IEEE

Publishing Ltd,

Maui, Hawaii, U.S.A, pp. 18-

Kim, Jong-Hyuk., Choi, Jung-Ju., Shin, Hyun, Joon,

Shin. & Lee, In-Kwon. (2006): Anticipation

Effect Generation for Character Animation,

Proceedings of CGI (Computer Graphics

International Conference) 2006 (LNCS 4035),

Hangzhou, China, Jun 26-28, 2006, pp. 639-

Lasseter, J. (1987): Principles of traditional

animation applied to 3d computer animation,

In Proceedings of ACM SIGGRAPH ’87, pp.

-44.

Meredith, M. & S, Maddock. (2001): Motion

Capture File Formats Explained, Departement

of Computer Science, University of Sheffield

Portobello Road, Sheffield, SI4DP.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.