JELAJAH INDONESIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI ANDROID (JELITA): APLIKASI GAME PEMBANGUN KARAKTER ANAK BANGSA

Abdur Rohman, Daniar Wahyu, Muhamad Arifin, Aji Prasetya Wibawa

Sari


Game yang saat ini marak dikembangkan mengacu pada game peperangan yang sebagian besar dimainkan oleh
anak-anak, imbasnya membuat pola pikir anak-anak yang ingin menjadi pemenang dengan cara saling
menjatuhkan menggunakan cara-cara kekerasan. Game berwawasan nusantara sangat jarang dikembangkan.
Banyaknya budaya dan wisata yang belum diketahui oleh anak-anak/generasi muda salah satunya provinsi di
Indonesia sejumlah 34 daerah, yang masih belum dikenal oleh kalangan generasi muda secara menyeluruh.
Sehingga dikembangkan game petualangan yang berisi petualangan/penjelahan berbagai provinsi yang ada di
Indonesia. Model pengembangan game memakai pengembangan Game Based Learning–Instructional Design
(DGBL-ID). Implementasi game menggunakan software eclipse pada aplikasi mobile phone. Tujuan dari
pengembangan game yakni memberikan wawasan mengenai nilai-nilai Pancasila, kepahlawanan, dan
pewayangan Jawa yang dikemas dalam bentuk bacaan atau sebagai tebakan dan pertanyaan. Game JELITA ini
sebagai sarana pengenalan daerah (provinsi) yang ada di Indonesia kepada generasi muda anak anak-anak dan
harapannya untuk menumbuhkan karakter cinta tanah air dan sebagai edukasi untuk menjaga dan melestarikan
budaya Indonesia.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Berita yahoo.com. (2014): Anak Usia 11 tahun

dibunuh karena Game Dota.(Online)

(https://id.berita.yahoo.com/anak-usia-11-tahundibunuh-karena-game-dota-063048046.html).

Diakses tanggal 14 April 2015.

Dienje, Borman R. (1988): Media Instruksional IPS.

Jakarta: Depdikbud.

Henry, Samuel. (2010): Cerdas dengan Game.

Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Id.techinasia.com. (2013): Kegilaan Bermian Game

di China Anak Usia 15 Tahun membunuh Ibunya

Sendiri (Online). (http://id.techinasia.com/-

kegilaan-bermain-game-di-china-anak-usia-15-

tahun-/). Diakses tanggal 9 April 2015.

Koesoema, Doni A. (2012): Pendidikan Karakter

Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta. Penerbit

Kanisius.

Morrison, Michael. (2005): Beginning Mobile Phone

Game Programming. Sams Publishing. United

States of America.

Mulyani dan Permana, Johan. (2001): Strategi

Belajar Mengajar. Bandung. CV. Maulana.

Nur, Haerani. (2013): Membangun Karakter Anak

Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal

Pendidikan Karakter Tahun Ke-Iii Nomor I Hal.

-94. FP Universitas Negeri Makasar.

Safaat, Nazruddin. (2012): Android: Pemograman

Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC

(Edisi Revisi). Bandung. Infromatika.

Tribunnews.com. (2012): Selamatkan Anak

Indonesia dari Racun Games Online. Artikel.

http://tribunnews.com. Diakses tanggal 13 April

Zin, N. A., Jaafar, A., & Yue, W. S. (2009): Digital

Game-Based Learning (DGBL) Model and

Development Methodology.Transcation On

Computer, VIII (2),322-333.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.