PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE PADA MATA PELAJARAN BASIS DATA UNTUK SMK

Anjar Dwi Rahmawati, Didik Dwi Prasetya, Muhammad Jauharul Fuady

Sari


Hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 6 Malang menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menghafal dan mengimplementasi SQL (Structured Query Language). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kompetensi membuat tabel adalah 79, mengoperasikan tabel dan tabel view adalah 80,7, dan menggunakan fungsi agregat adalah 80,6. Hal tersebut karena matapelajaran basis data hanya disampaikan satu kali dalam seminggu dengan alokasi waktu 4 jam, tidak ada pengulangan materi oleh guru pada minggu selanjutnya, dan sumber belajar yang digunakan berupa catatan, buku yang dipinjam dari perpustakaan, modul yang diberikan guru,  dan  internet.  Tujuan  dari  penelitian  dan  pengembangan  ini  adalah  mengembangkan sebuah  media pembelajaran berbasis mobile pada mata pelajaran basis data yang dapat digunakan sebagai suplemen belajar mandiri  siswa.  Pengembangan  ini  menggunakan  model  pengembangan  Borg  dan  Gall.  Pengembangan  ini menghasilkan produk media pembelajaran mobile yang dapat diakses pada smartphone berbasis android dengan nama Q-Mora (Query Mobile Practice). Hasil evaluasi Q-Mora menunjukan persentase ahli materi sebesar 98%, ahli media sebesar 86%, uji coba awal sebesar 85,4%, uji coba lapangan sebesar 85,9%, dan uji pelaksanaan lapangan operasional sebesar 88,6%. Persentase rata-rata evaluasi terhadap Q-Mora sebesar 88,8%, sehingga produk dinyatakan valid dan siap dimanfaatkan.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ali, Muhamad. 2009. Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan

Elektromagnetik. Jurnal Edukasi @Elektro,

Vol. 5, No. 1, Maret 2009, hlm. 11-18.

(Online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/-

jee/article/download/348/250), diakses 1 April

Akbar dan Sriwiyana. 2011. Pengembangan

Kurikulum dan Pembelajarn Ilmu Pengetahuan

Sosial. Cipta Media.

Borg, W.R. & Gall,M.D. 1983. Educational

Research and Introduction. New York :

Longman.

El-Husein dan Cronje. 2010. Defining Mobile

Learning in the Higher Education Landscape.

Jurnal Educational Technology & Society, Vol.

, No. 3, Hlm. 12-21, ISSN 1436-4522

(online), 1176-3647 (print).(online),

(http://www.ifets.-info/journals/13_3/3.pdf),

diakses 1 April 2014.

Kadir, Abdul. 2008. Tuntunan Praktis Belajar

Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta :

Andi Offset.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Yuniati, Lukita. 2011. Pengembangan Media

Pembelajaran Mobile Learning Efek Dopler

Sebagai Alat Bantu dalam Pembelajaran

Fisika yang Menyenangkan. Jurnal JP2F,

Volume 2 Nomor 2 September

(Online),(http://ejurnal.ikippgrismg.ac.id/

index.php/JP2F/article/-viewFile/130/116),

diakses 1 April 2014


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.