PENGARUH PARKIR ON-STREET TERHADAP KINERJA RUAS JALAN ARIEF RAHMAN HAKIM KOTA MALANG

Dwi Ratnaningsih

Sari


Permasalahan dibidang lalu lintas diantaranya masalah kemacetan dan masalah polusi. Banyak rekayasa
lalu lintas yang diterapkan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di ruas jalan terutama di jam-jam sibuk (peak
hour). Faktor yang mempegaruhi hambatan samping di ruas jalan meliputi pejalan kaki, parkir dan kendaraan
henti, kendaraan keluar masuk dan kendaraan lambat. Meningkatnya jumlah kendaraan berarti meningkat pula
kebutuhan akan tempat parkir. Akan tetapi karena banyak kendaraan yang menggunakan parkir di pinggir jalan
maka berdampak terhadap kinerja jalan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parkir on-street terhadap kinerja jalan Arief Rahman
hakim kota Malang dengan menggunakan aturan yang ada di MKJI.
Berdasarkan hasil analisa dengan mengalihkan parkir di jalan Arief Rahman hakim bisa meningkatkan
kapasitas jalan sebesar 14 78 % serta menaikkan level of service dari kelas C menjadi kelas B .


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anonym. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia

(MKJI). Jakarta : Direktorat Jendral Bina

Marga.

Anonym. 2009. Undang-Undang Republik

Indonesia No 22 Tahun 2009, Jakarta :

Direktorat Jendral Bina Marga.

Clarkson H. Oglesby, Gary Hicks R. 1988. Teknik

Jalan Raya Edisi Ke Empat, Jilid I,

Jakarta : Erlangga.

Hobbs, F. D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu

Lintas. Yogyakarta : Universitas Gajah

Mada.

Morlock, Edward. K. 1998. Pengantar Teknik dan

Perencanaan Transportasi. Jakarta :

Erlangga.

Munawar Ahmad, 2009,Manajemen Lalu Lintas

Perkotaan, Yogyakarta, Beta Offset

Tamin Ofyar,2000. Perencanaan dan Pemodelan

Transportasi ,Bandung, ITB


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.