KOMPOSISI WAKTU PEMBELAJARAN DALAM BLENDED LEARNING

Yunia Mulyani Azis, Enjang Akhmad Juanda

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, setelah tim peneliti melaksanakan penelitian
pengembangan berupa pembuatan website pembelajaran Matematika Ekonomi. Penelitian eksperimen
dilakukan dengan menggunakan 2 prosentase waktu pembelajaran yang berbeda. Kelas A dan B menggunakan
komposisi waktu pembelajaran 60% online 40% face to face, sedangkan kelas C dan D menggunakan
prosentase waktu pembelajaran 75% online 25% F2F.
Metode penelitian dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan
melalui cara kuesioner kepada dosen dan mahasiswa untuk mengetahui pendapat mereka tentang efektifitas
pembelajaran blended learning. Metode kuantitatif digunakan melalui cara membandingkan hasil pretes dengan
postes dengan melakukan uji beda. Mengukur hasil pretes postes dimaksudkan untuk mengetahui prosentase
waktu pembelajaran terbaik dari 2 eksperimen prosentase waktu yang dilakukan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) pembelajaran blended learning dengan komposisi waktu 60%
online 40% f2f lebih baik dari pembelajaran blended learning dengan komposisi waktu 75% online 25% f2f, (2)
kedua komposisi waktu pembelajaran belum dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan maksimal,
sehingga diperlukan eksperimen lanjutan agar dapat ditemukan komposisi waktu yang benar-benar tepat untuk
pembelajaran blended learning.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Allen,EI.,Seaman,J.,& Garret,R. 2007. Blending In

The Extent and Promise of Blended

Education In The United States. Sloan-C™.

United State of America. hal-5.

Azis, Y.M. 2010. Kajian Pengaruh M-Learning

dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Prosiding Sentia. Volume 2, hal F.5-

,ISSN 2085-2347.

Azis, Y.M. 2011. Efektivitas B-Learning (Individu

vs Kelompok), Motivasi Berprestasi, Gaya

Belajar Terhadap Hasil Belajar dalam Mata

Kuliah Matematika. Prosiding Sentia 3, H-

, ISSN 2085-2347.

Azis, Y.M. 2013. The Effectiveness of Blended

learning, Prior Knowledge to the

Understanding Concept in Economics.

Educational Research International (ERint).

Volume 02 No. 02, Oktober 2013, ISSN :

-3713 L, ISSN : 2307 – 3721 Print

McGinnis, M. 2005. Building A Successful Blended

learning Strategy.

http://www.ltimagazine.com/ltimagazin


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.