PEMBUATAN MULTIMEDIA ANIMASI DALAM PAIKEM BERDASAR RPOJECT BASED LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING AKUNTANSI MANAJEMEN

Indrayati Indrayati

Sari


Pembelajaran Akuntansi Manajemen di Polinema masih belum dapat memberikan hasil yang sesuai dengan kebutuhan dunia nyata yaitu yang memenuhi aspek kognitif, psikomotorik maupun aspek afektif. Oleh karena itu dalam pembelajaran Akuntansi Manajemen ini peneliti mengembangkan metode yang baru yaitu PAIKEM (Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif serta menyenangkan) berdasarkan Project based learning dan cooperative learning serta pembuatan multimedia animasi supaya dapat menghasilkan SDM dengan kualitas yang tinggi yang mampu bersaing di pasar global atau internasional.


Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian terapan-kualitatif dengan penelitian tindakan kelas. Peneliti mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, memeriksa di lapangan, kemudian membuat rencana soal-soal untuk latihan memecahkan permasalahan yang ada di dunia nyata, pembelajaran dengan metode kolaborasi serta penggunaan multimedia animasi.


Permasalahan yang timbul akan dianalisis dan dipecahkan oleh mahasiswa dengan kemampuan berdasarkan teori yang ada.


Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa menjadi lebih berkompeten dalam memahami serta mengaplikasikan teori ke dalam dunia nyata serta mampu memecahkan permasalahan yang ada di dunia nyata. Kesimpulan terbentuknya prototipe metode pembelajaran yang baru yaitu Paikem dengan PBL dan cooperative learning, RPS, Silabi, bahan ajar dan soal-soal latihan, multimedia power point animasi dan menggunakan website. Saran metode ini dapat diterapkan pada penelitian tindakan kelas di masa yang akan datang.

 

Kata kunci: Paikem, student achievement,performance cources, multimedia, animasi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.