PENERAPAN ALGORITMA FISHER-YATES PADA PENGACAKAN SOAL GAME ARITMATIKA

Ekojono Ekojono, Dyah Ayu Irawati, Luqman Affandi, Anugrah Nur Rahmanto

Sari


Belajar Aritmatika dimulai dengan menghafal dan selanjutnya mengerti pada bilangan dasar 10, dengan penambahan pemakaian operator permasalahan menjadi tambah sulit. Pembelajaran aritmatika akan semakin sulit bila angka dasar ditambahkan operator danĀ  penyelesaiannya dibatasi waktu. Pada level ini pembelajaran
aritmatika sudah harus hafal dan mengerti serta bisa berfikir cepat. Pembelajaran ini bisa dilakukan diatas kertas dengan sederet soal yang berfariasi dan dibatasi waktu untuk mengerjakannya. Dalam penelitian ini dibuat suatu aplikasi yang dapat mengakomodasi permasahan diatas, dengan membuat game edukasi aritmatik yang menggunakan algoritma Fisher-Yates Suffhel. Dalam pengembangannya menggunakan game 2 dimensi yang bekerja pada sistem operasi android, supaya bisa dmainkan pada smartphone.


Kata Kunci: game aritmatika, Android, Algoritma Fisher-Yates Suffhel.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.