IDENTIFIKASI KINERJA TERMINAL TLOGOMAS MALANG BERBASIS VOICE OF USER

Agung Sedayu

Sari


Terminal Tlogomas Kota Malang Jawa Timur termasuk tipe B berdiri sejak 1991 terus mengalami penurunan kinerja dan pelayanannya. Untuk mengantisipasi semakin menurunnya kinerja terminal Tlogomas maka dilakukan kajian yang mengevaluasi kinerja terminal sebagai salah satu infrastruktur transportasi yang melayani hajat hidup orang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi dan mencari faktor-faktor kinerja terminal Tlogomas dengan mempertimbangkan persepsi dari pengguna atau suara pengguna (voice of user). Metode yang dikembangkan berupa survei pendahuluan terhadap pengguna terminal yaitu penumpang angkutan umum yang sering menggunakan pelayanan terminal. Survei pendahuluan yang dilakukan memperoleh faktor yang memiliki skor tingkat kebutuhan tertinggi adalah faktor Keandalan dalam hal kedatangan dan keberangkatan, waktu tunggu, dan pelayanan tiket angkutan umum. Secara keseluruhan dalam rekpitulasi frekuensi tingkat kebutuhan pengguna menunjukkan bahwa skor frekuensi tertinggi adalah skala membutuhkan. Faktor kinerja Ketersediaan fasilitas terminal diuraikan menjadi 21 fasilitas dan dari survei pendahuluan diperoleh fasilitas yang memiliki skor tertinggi tingkat kebutuhannya adalah Pos Kesehatan. Pengelola terminal Tlogomas Kota Malang untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja terminal sesuai dengan peringkat tingkat kebutuhan faktor kinerja dan ketersediaan fasilitas yang dimiliki.


Kata kunci : kinerja, voice of user, terminal Tlogomas


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.