ANALISIS FAKTOR PENGARUH TERHADAP PENERAPAN M-LEARNING

Deddy Kusbianto Purwokoaji

Abstract


Proses pembelajaran untuk mata kuliah Jaringan Komputer yang dilakukan selama ini di Prodi Teknik Informatika Politeknik Negeri Malang masih menggunakan pendekatan manual dan belum bersifat interaktif dan multidisipliner. Kelemahan pendekatan tersebut terletak pada pandangan bahwa mata kuliah terkotak-kotak dan metode pembelajaran menekankan pendekatan klasikal sehingga penguasaan mahasiswa terhadap kompetensi terpusat hanya pada aspek kognitif pada mata kuliah tertentu saja. Padahal dengan kurikulum di Prodi Teknik Informatika  memungkinkan terjadinya pembelajaran yang bersifat interaktif dan multidisipliner. Untuk mengatasai masalah ini, maka pendekatan pembelajaran harus diubah menjadi pendekatan multidisipliner yang berbasis teknologi informasi atau komputer. Berdasarkan metodenya, penelitian yang dilakukan adalah termasuk penelitian tindakan (action research), sedangkan apabila berdasarkan tujuannya maka penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Ahli bidang studi khususnya mengkaji modul praktek; ahli rancangan pembelajaran khususnya mengkaji desain pengembangan metode pengajaran online, sedangkan ahli komputer khususnya mengkaji  fungsionalitas produk software Simulasi Jaringan Komputer. Data hasil kajian ahli rancangan pembelajaran dan ahli komputer dihimpun melalui konsultasi, dan wawancara.  Selanjutnya data hasil kajian para ahli tersebut dijadikan pijakan untuk merevisi atau menyempurnakan modul mata kuliah Jaringan Komputer dan software Simulasi Jaringan Komputer dan manualnya sebelum diuji cobakan pada pada dosen dan mahasiswa dalam sebuah proses belajar mengajar praktikum Jaringan Komputer


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.