DETEKSI GERAK OBJEK KENDARAAN DENGAN MENGGUNAKAN ABSOLUTE DIFFERENCE IMAGE

Jian Budiarto

Abstract


Populasi penduduk yang semakin berkembang menyebabkan tingginya kemacetan jalan. Kemacetan terjadi karena jumlah kendaraan yang beroperasi tidak sebanding dengan volume jalan yang tersedia. Saat ini, pemerintah sebagai pelaksana pelayanan lalu lintas bagi masyarakat memiliki kesulitan dalam mengukur dan menentukan kebijakan. Untuk melihat kondisi jalan, pemerintah menggunakan kamera cctv dari dinas perhubungan dan kepolisian yang dirasakan sulit untuk memperkirakan jumlah arus kendaraan yang terjadi. 

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem yang dapat menghitung kendaraan jumlah kendaraan berdasarkan gerakan yang ditimbulkan. Perhitungan arus lalu lintas ini menggunakan metode Absolute Difference Image (ADI )  yaitu metode yang menghitung kemungkinan suatu kendaraan pada suatu periode waktu tertentu. 

Metodologi dalam penelitian ini terbagi menjadi 5 bagian yaitu instalasi perangkat sensor kamera; ekstraksi ciri kendaraan; klasifikasi tipe kendaraan; konfigurasi jaringan adhoc; dan analisis arus lalu lintas kendaraan. Pada tahapan instalasi perangkat keras, sebuah sensor camera dan microprocessor dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan dan pengiriman data mandiri. Pada tahapan ekstraksi ciri, sampel gambar kendaraan dianalisis untuk memperoleh ciri dari masing-masing kendaraan. Pada tahapan klasifikasi, dilakukan sebuah training untuk mendapatkan bobot klasifikasi cirri setiap tipe kendaraan. Pada tahapan konfigurasi jaringan, teknologi short message service (SMS) diimplementasi untuk memudahkan komunikasi antara alat dan server secara aman. Pada tahapan analisis arus lalu lintas, sebuah aplikasi informatif digunakan untuk menerima data parsial dari sensor dan melakukan prediksi terhadap kemungkinan kepada jalan menggunakan metode absulote difference image

Metode ini menghasilkan akurasi 63% dengan jumlah deteksi 38 dari 24 objek yang sebenarnya. Angka deteksi lebih tinggi dibandingkan objek karena kotak deteksi masih bertumpuk dan terhitung sebagai objek baru. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.