PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK BERBASIS AUGMENTED REALITY

Hendra Pradibta

Abstract


Pembelajaran huruf hijaiyah hanya diterima di mata pelajaran agama Islam 1-2 jam per minggu. Alokasi waktu ini masih kurang karena siswa dituntut agar mampu menguasai seluruh materi meliputi membaca, menulis dan menghafalkan huruf hijaiyah, pelajaran agama yang diberikan pada anak sejak dini sangat penting khususnya anak pada TK dan SD kelas 1 karena sebagai pedoman dasar pembelajaran dalam bertingkah laku yang baik dan sopan. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan masih berupa buku atau gambar statis yang cenderung tidak menarik bagi para siswa dari segi visualisasi. Augmented Reality juga dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang diantaranya adalah bidang pendidikan. Dalam pembelajaran terdapat teori Quantum Learning yang menjelaskan tentang metode visual, Audio, dan Kinestetik (VAK). Disinilah Augmented Reality dan teori Quantum Learning saling berhubungan. Berdasarkan hasil penelitian dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian pelajar khususnya pada anak-anak era sekarang, yaitu menekankan pada visual dan audio. Oleh sebab itu memanfaatkan salah satu teknologi yang berkembang saat ini yaitu Augmented Reality dan pembelajaran yang menerapkan metode fisher-yates shuffle untuk media pembelajaran hijaiyahDalam pembelajaran yang melibatkan media dalam proses pembelajaranya tentu harus mempertimbangkan aspek-aspek perkembangan yang sesuai untuk anak usia TK dan SD kelas 1.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.