Pengembangan Aplikasi Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI (Studi Kasus Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang)

Dwi Puspitasari

Abstract


Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan Program Studi  pada suatu institusi pendidikan. Kurikulum perguruan tinggi saat ini harus berbasisnya Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dimana terdapat banyak instrument yang saling berkaitan yaitu profil dan capaian pembelajaran lulusan, mata kuliah, pohon kurikulum, dan silabus mata kuliah. Instrumen-instrumen tersebut yang dijadikan rujukan dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar dan pengembangan kurikulum selanjutnya. Untuk memudahkan mengetahui instrument kurikulum pada suatu program studi maka dalam penelitian ini akan dibangun suatu aplikasi kurikulum perguruan tinggi berbasis KKNI. Untuk studi kasus aplikasi ini akan diterapkan pada Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang. Pada aplikasi memberikan fitur untuk menambahkan Jurusan, Program Studi, tahun kurikulum, capaian pembelajaran lulusan, mata kuliah, silabus mata kuliah. Aplikasi ini mampu mencetak laporan berupa daftar mata kuliah setiap semester dan silabus. Berdasarkan pengujian validasi, aplikasi ini telah memenuhi delapan kebutuhan fungsional utama. Sedangkan hasil pengujian usabilityberdasarkan usefulness, ease to use, ease to learn dan satisfaction menunjukan skor yang mencapai rata-rata 89%, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat diterima dan mudah digunakan.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.