PENGEMBANGAN SISTEM PEMBINAAN AKADEMIK JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI POLITEKNIK NEGERI MALANG

Mungki Astiningrum

Abstract


Pada saat ini Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang mempunyai permasalahan dalam informasi absensi, pengiriman surat peringatan masih melalui pos, pengurusan surat peringatan, bimbingan dan konsultasi mahasiswa. Permasalahan yang muncul dari mahasiswa yang melihat absensi melalui kertas absensi untuk dosen membuat mahasiswa sulit mengecek absensi dengan mudah, serta pengurusan surat peringatan, bimbingan dan konsultasi yang masih manual karena belum adanya sistem informasi yang dibuat. Hal ini dapat menyulitkan mahasiswa dan dosen pembina akademik dalam pelaksanaan studi akademik mahasiswa.

Dari analisa yang telah dilakukan solusi alternatif untuk menyelesaikan permasalahan sebelumnya, dengan membuat Sistem Informasi Pembinaan Akademik Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang. Dengan fitur yaitu data mahasiswa, data dosen pembina akademik, data surat peringatan mahasiswa, data form bimbingan, data mahasiswa cuti akademik , data jadwal konsultasi, verifikasi surat peringatan, rekap absensi dan rekap laporan kegiatan bimbingan mahasiswa. Sistem ini dirancang dan diimplementasikan menggunakan PHP, MySQL, XAMPP, Code Igniter, dan Android Studio.

Dari hasil pengujian aplikasi Sistem Informasi Pembinaan Akademik Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang ini membantu mempercepat dan mempermudah dalam pengecekan absensi dan informasi surat peringatan mahasiswa, bimbingan dan konsultasi dengan dosen pembina akademik, dapat mengelola data mahasiswa yang perlu mendapat bimbingan dan dapat menghasilkan rekap laporan kegiatan bimbingan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.