IMPLEMENTASI SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN TAMAN KOTA KEDIRI

Ellya Nurfarida, Wiwiek Kusumaning Asmoro, Eti Putranti

Abstract


Kantor layanan di setiap pemerintahan wajib menyelenggarakan Survei  Kepuasan Masyarakat (SKM) yang berfungsi untuk mengukur kepuasan pemohon terhadap layanan.  Hal ini berguna untuk meningkatkan kinerja pelayanan dari staf pelayanan pada masing-masing kantor pelayanan. Dinas  Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri adalah salah satu dinas yang memberikan pelayanan terhadap masyarakat terutama pelayanan terhadap penggunaan taman kota. Untuk melihat kinerja pelayanan terhadap taman kota, maka DLHKP mengadakan SKM setiap tahunnya. Tatacara dan proses pelaksanaan SKM untuk semua dinas dan instansi pemerintah telah diatur dalam Permenpan RB No 14 Tahun 2017. Aplikasi SKM yang dikembangkan menerapkan metode perhitungan yang diberlakukan oleh Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017 yang memiliki sembilan unsur penilaian dan kolom saran. Aplikasi SKM dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan penyimpanan data pada database MySQL. Hasil dari penelitian berupa aplikasi yang dapat menampilkan formulir Survei  secara online dan perhitungan yang dilakukan secara otomatis oleh sistem akan berdampak pada tersedianya nilai SKM secara online. Selain formulir Survei  dan hasil Survei , aplikasi juga menyediakan rincian data statistik responden berdasarkan kategori tertentu. Penelitian ini menghasilkan sebuah nilai SKM yang dapat dianalisis oleh pimpinan DLHKP untuk melihat pelayanan mana saja yang belum memenuhi standar dan yang perlu dipertahankan.

Kata kunci : aplikasi, DLHKP, Permenpan RB No 14 tahun 2017, Survei  Kepuasan Masyarakat, taman kota


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.